Berita

[CEK FAKTA] Minuman Whisky Berlabel Halal MUI

Rabu, 03 Maret 2021 - 20:01
[CEK FAKTA] Minuman Whisky Berlabel Halal MUI Informasi tentang whisky berlabel halal beredar di Facebook. (Tangkapan layar TIMES Indonesia)

TIMES BLORA, JAKARTA – Informasi tentang whisky berlabel halal beredar di media sosial Facebook, seiring kabar pencabutan Peraturan Presiden (Perpres) terkait investasi miras. Informasi tersebut menampilkan dua botol whisky dengan label halal.

Informasi itu diunggah oleh akun FB: Cecep Marta pada 2 Maret 2021. Postingan tersebut, hingga Rabu (3/3/2021) petang, mendapatkan respons dari para pengguna Facebook  baik like, 15 komentar, hingga satu kali dibagikan.

Berikut narasi Whisky Berlabel Halal:

GW MINUM WHISKY HALAL ... DONG

cek-fakta-Whisky-halal-2.jpgSumber: Tangkapan layar Facbook

CEK FAKTA 

Hasil penelusuran TIMES Indonesia, informasi tentang whisky berlabel halal merupakan informasi hoaks. Informasi yang dicantumkan dalam akun Facebook tersebut bukan fakta yang sebenarnya. Tidak ada bukti yang mendukung informasi tersebut.

Penelusuran tim Cek Fakta TIMES Indonesia melalui mesin pencari, ditemukan bahwa LPPOM MUI (Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia) tidak dapat menerbitkan sertifikat halal terhadap produk dengan nama yang mengandung nama minuman keras (sebagai contoh: rootbeer, es krim rhum raisin, bir 0% alkohol, dll). Pencantuman label halal pada produk minuman 0% alkohol termasuk menyalahi ketentuan tersebut.

Hal tersebut sesuai dengan sesuai dengan Surat Keputusan Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) Nomor SK46/Dir/LPPOM MUI/XII/14 tentang Ketentuan Penulisan Nama Produk dan Bentuk Produk.

cek fakta Whisky halal 3Sumber: PENJELASAN BADAN POM RI TERKAIT MINUMAN WHISKEY 0% ALKOHOL BERLABEL HALAL | Badan POM

Wakil Ketua Umum MUI Zainut Tauhid menyebutkan bahwa gambar tersebut adalah berita bohong (hoaks). Penyebaran gambar tersebut juga bagian dari fitnah kepada Kementerian Agama.

"Saya menduga bahwa label halal yang dicantumkan dalam produk minuman tersebut adalah palsu. Karena setahu saya label halal dengan model tersebut tidak pernah dikenal di Indonesia," katanya.

cek fakta Whisky halal 4Sumber: Beredar Gambar Whiskey Halal, MUI: Itu Hoax dan Fitnah Pada Kemenag | Detik

Tim Cek Fakta TIMES Indonesia juga menemukan bahwa informasi whisky berlabel halal telah beredar sejak tahun 2017, di media sosial. Menteri Agama periode 2014-2019 Lukman Hakim Saifuddin telah menanggapi terkait gambar yang tersebar di media sosial. Lewat akun Twitter pribadinya, Lukman menyatakan yang disebar di dunia maya itu merupakan bentuk fitnah. Ketika itu, Lukman menanggapi informasi ini yang beredar pada tahun 2017.

Ia menanggapi sebuat cuitan dari akun Twitter @yusuf_dumdum yang bertuliskan "Fitnah yg ditujukan ke menteri @lukmansaifuddin  sungguh kejam & biadab. Sudah ribuan yg share & percaya. Astagfirullah. Cc @DivHumasPolri."

"Mereka yg memfitnah telah melecehkan nalar publik. Mereka pikir publik akan begitu saja mempercayai hal yg sama sekali tak masuk akal," kata Lukman dalam akun Twitter-nya, Senin (23/10/2017) malam.

cek fakta Whisky halal 5Sumber: Tangkapan layar Twitter/@lukmansaifuddin

Tim Cek Fakta TIMES Indonesia juga menemukan bahwa informasi hoaks dengan menggunakan foto itu, telah tersebar sejak tahun 2017 hingga 2020. Foto itu kembali tersebar pada awal tahun 2020, usai ramainya tentang Perpres Nomor 10 Tahun 2021 tentang Bidang Usaha Penanaman Modal yang diteken Jokowi pada 2 Februari 2021. 

Perpres itu akhirnya dicabut oleh Presiden RI Jokowi. Setelah adanya masukan dari berbagai elemen masyarakat dan ormas keagamaan seperti NU dan Muhammadiyah.

"Saya sampaikan lampiran Perpres pembukaan investasi baru industri minuman keras yang mengandung alkohol saya nyatakan dicabut," ucap Jokowi dalam konferensi pers, Selasa (2/3/2021).

Penelusuran lebih lanjut, TIMES Indonesia juga menemukan bahwa Minuman Crystal WSL diproduksi Emerald Beverages, Los Angeles, Amerika Serikat. Mereka memiliki tiga produk minuman, yakni Crystal Whiskey, Empire Vodka, dan Riviere Wine. Meskipun mengandung kata whiskey, vodka, dan wine, ketiganya diklaim halal. Tidak ada kandungan alkohol di dalamnya. Dalam situs resminya, Emerald Beverages menyatakan bahwa minuman nonalkohol disediakan untuk masyarakat yang memiliki pantangan mengonsumsi alkohol.

cek fakta Whisky halal 6Sumber: Mulai Muncul Hoaks Sertifikasi Halal Untuk Wine | JPNN

Tim Cek Fakta TIMES Indonesia juga melakukan penelusuran terhadap foto yang beredar di Facebook tersebut. Hasilnya mengarah pada foto yang diunggah oleh akun Twitter @AbdullahJas2. Dalam unggahannya, akun tersebut menuliskan "yaqul mushtahi kas 'ahmar 'aw 'abyad 'aw hataa ruzi ya raeah allah #nbidh_hilal."

Artinya Mushtahat berkata bahwa cangkir merah, putih, atau bahkan kemerahan, semoga Tuhan menjaganya
#Wine_Halal

cek fakta Whisky halal 7Sumber: Twitter/@AbdullahJaz2

Informasi Whisky Berlabel Halal juga telah ditelusuri oleh Mafindo, Liputan6, dan Kompas. Meski memiliki format isi yang berbeda, jaringan Cek Fakta TIMES Indonesia menemukan bahwa informasi mengenai whisky berlabel halal merupakan informasi hoaks.

cek fakta Whisky halal 8Sumber: [SALAH] Whiskey Berlabel Halal MUI | Turnbackhoax

cek fakta Whisky halal 9Sumber: [KLARIFIKASI] Produk Miras Botol Berlabel Halal | Kompas

KESIMPULAN

Menurut hasil penelusuran Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, informasi mengenai Whisky Berlabel Halal, merupakan informasi yang salah. 

Menurut misinformasi dan disinformasi yang dikategorikan First Draft, informasi tentang Whisky Berlabel Halal dalam kategori Misleading Content (konten menyesatkan). Konten ini dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.

----

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal, untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

Pewarta : Imadudin Muhammad
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Blora just now

Welcome to TIMES Blora

TIMES Blora is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.