Gaya Hidup

Enam Cara Mudah Mengatasi Lemari Berjamur

Sabtu, 06 Maret 2021 - 03:25
Enam Cara Mudah Mengatasi Lemari Berjamur Ilustrasi - Tips mengatasi Lemari pakaian yang rentan berjamur (FOTO: Freepik)

TIMES BLORA, JAKARTA – Pakaian dalam lemari tiba-tiba berbau apek? Bisa jadi karena lemari berjamur. Lamari pakaian bisa saja berjamur jika kurang perawatan. 

Hal itu bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Seperti kondisi ruangan yang terlalu lembap, lemari jarang dibuka, dan isi lemari yang terlalu banyak. 

Nah jika sudah terlajur berjamur apa yang harus dilakukan?

1. Keluarkan isi lemari

Langkah pertama untuk mengatai jamur pada lemari adalah mengeluarkan semua isi lemari. Dari situ Anda dapat mengetahui sumber jamur di lemari. 

2. Diangin-anginkan

Lembap dapat diatasi dengan cara dijemur. Namun jika lemari Anda terlalu berat (semisal lemari bahan kayu jati) Anda dapat memasang kipas angin di depan lemari. Biarkan hingga 30-60 menit.

3. Ramuan anti jamur

Selanjutnya Anda dapat membuat ramuan anti jamur yang terdiri dari jeruk nipis dan garam. Larutkan kedua bahan tersebut, dan gosokkan padapermukaan yang berjamur. 

Selain jeruk nipis dan garap dapat juga menggunakan larutan air dan cuka. Semprotkan bahan tersebut pada permukaan lemari yang berjamur.

Biarkan mengering, atau apat di kipas kembali. 

4. Semprot dengan alkohol

Alkohol salah satu zat yang dapat menangkal jamur. Jadi Anda dapat menyemprot alkohol pada permukaan lemari. 

Sabar, tunggu sampai lemari benar-benar kering ya baru deh pakaian bisa diamsukkan kembali. 

5. Jangan lupa kapur barus

Kapur barus telah dikenal lama sebagai bahan untuk mencegah jamur, rayap juga ngengat. Kapur barus juga bersifat menyerap lembap. Beri Kapur barus di semua sudut lemari Anda. Beri lebih banyak agar kondisi lemari tetap kering. 

6. Isi lemari

Nah jika sudah beres semua, isi kembali lemari Anda. Ingat jangan terlalu penuh ya, supaya sirkulasi udara tetap terjaga. Sesekali Anda juga dapat membuka lemari dan dikipas untuk memberi kesempatan lemari 'bernapas'.

Nah mudah bukan. Karena prosesnya yang cukup lama, kegiatan ini cocok dilakukan saat akhir pekan. Yuk tangkis lemari berjamur dengan tips tersebut. (*)

Pewarta : Tria Adha
Editor : Dhina Chahyanti
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Blora just now

Welcome to TIMES Blora

TIMES Blora is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.